Satu Tahun Sekolah Kita Rumpin

sekolah-kita-banda-neira-19

Andai sebuah perasaan bisa dengan tepat dideskripsikan dengan kata-kata, mungkin akan membutuhkan 2 halaman penuh untuk mendaftar kata-kata yang bisa menjelaskan rasa ini. Bahagia, campur haru, campur semangat, entahlah, biarkan dia menjadi suatu campuran rasa yang tidak perlu diungkapkan secara tepat.

Di atas metromini yang harus berhenti karena macetnya Puncak,  di situlah dua ide bertemu. Siapa sangka sore itu adalah pertemuan pertama antara sekolah minggu di Kampung Cibitung dengan Sekolah Kita Rumpin dan berkembang menjadi sebuah komunitas menyenangkan yang memiliki relawan sampai 30 orang. Andai manusia punya kemampuan untuk memutar waktu, ingin sekali rasanya aku berterima kasih pada semesta untuk pertemuan itu :)

Saat ini kegiatan SKR telah berjalan 1 tahun. Layaknya setiap hal yang terjadi di dalam hidup, aku percaya bahwa pengalaman adalah guru terbaik. Walau masih berusia dini, aku sangat sadar bahwa dokumentasi perjalanan SKR adalah aset untuk bisa terus belajar dan berkembang. Maka, di bulan April 2013 ini, keluarga SKR ingin mengajak teman-teman, baik kakak-kakak relawan maupun simpatisan untuk bersama-sama menyelami perjalanan setahun silam yang tertera dalam sebuah laporan tahunan: Satu Tahun Sekolah Kita Rumpin.

Tentunya laporan ini masih jauh dari sempurna. Rencananya, untuk tahun ajaran berikutnya, akan ada data dan grafik kedatangan adik-adik juga para kakak relawan untuk mengetahui keaktifan kegiatan SKR secara umum. Akan lebih banyak bukti-bukti anekdotal dan cerita-cerita dari kelas. Sayangnya, ide-ide pengembangan ini baru muncul di tengah jalan, sementara Kakak Sekretaris baru saja kami rekrut. Hahaha, begitulah. Tapi inilah sebenar-benarnya perjuangan, dijalani dengan spontan dan bertahap, serta belajar dalam proses itu sendiri.

Sebelum membaca laporan tahunan, aku ingin berterima kasih sebanyak-banyaknya kepada seluruh keluarga SKR yang selalu semangat untuk mendukung juga belajar bersama setiap hari Minggu di mushola kecil dan sumpek itu. Terima kasih kak, karena kalian lah maka SKR ada. Terima kasih banyak juga kepada warga Rumpin yang selalu mendukung kegiatan SKR, selalu tersenyum, dan selalu menanyakan kabar kakak-kakak ketika kami tiba di rumah Bu Neneng. Terima kasih banyak sebab kalian senantiasa membuat kami bahagia.

Terima kasih paling besar aku ingin ucapkan kepada Tuhan, alam semesta, atau apapun kata yang tepat untuk menjelaskan kebesaran-Nya, karena telah mempertemukan kita semua dan menjadikan kita sebuah keluarga. Satu tahun belum seberapa. Semangat untuk berbagi tak bisa dikungkung waktu dan jarak. Sekali lagi terima kasih, dan semangat selalu untuk kita semua.

Setahun ini kita telah membuktikan bahwa setiap tempat, baik itu mushola kecil, kebun tak terurus, ataupun bayangan di bawah pohon, adalah sekolah kita.

(Laporan Satu Tahun Sekolah Kita Rumpin tersedia di menu “Arsip”)

Salam hangat,

Kakak Kurikulum
Sekolah Kita Rumpin

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>