Rayakan ulang tahun dengan kerja bakti? Kenapa tidak?

Tepat pada 10 April yang lalu, Sekolah Kita Rumpin (SKR) genap berusia tiga tahun. Sebagai ucapan syukur atas bertambahnya usia SKR, kakak-kakak dan adik-adik SKR melakukan kerja bakti pada Minggu (12/4).
Semua kakak dan adik berkumpul di SKR. Sebelum memulai kerja bakti, Bu Neneng membawakan kue tart sebagai simbol perayaan ulang tahun dari SKR. Kak Ana, selaku pendiri dari SKR, didamping oleh semua adik dan kakak berdoa dan meniup lilin.

Setelah perayaan kecil-kecilan tersebut, Kak Ana membagi tugas bersih-bersih per kelas. Adik-adik kelas PAUD hingga 2 SD ditugasi mengelap kaca. Adik-adik kelas 3 hingga 4 SD ditugasi untuk memungut sampah plastik yang ada di sekitar SKR.

Adik-adik kelas 5 hingga 6 SD ditugasi membersihkan bagian dalam kelas. Dan adik-adik kelas SMP – SMA kebagian tugas menyapu dan mengepel ruang kelas. Gak cuma adik-adik, tapi semua kakak juga ikut membantu membersihkan SKR.
Setelah selesai membersihkan SKR, semuanya kembali berkumpul. Setiap kakak dan adik diberikan kertas berbentuk daun untuk diisikan harapan akan SKR. Setelah kertas diisi, kemudian digantungkan di ranting pohon yang kami sebut pohon harapan.

Habis itu, kakak-kakak bikin vote kecil-kecilan. Setiap orang harus menuliskan nama-nama, baik kakak ataupun adik, sesuai dengan kriteria masing-masing. Dari hasil vote tersebut terpilih :

Adik Terajin = Annisa (SMK)

Adik Terseru = Rohadi (6 SD)

Adik Terberani = Sari (6 SD)

Adik Terkreatif = Risma (5 SD)

Kakak Terajin = Kak Josephine

Kakak Terseru = Kak Hanna

Kakak Terkreatif = Kak Giany

Kakak Terberani = Kak Ana

Dan di akhir kegiatan, semua kakak dan adik makan bersama. Adik-adik tampak antusias menyantap bekal yang mereka bawa dari rumah.

Layaknya manusia yang berusia tiga tahun yang tengah belajar akan banyak hal, begitu pula SKR di usianya yang ketiga. Kegiatan belajar dan mengajar menjadi pelajaran baik bagi adik ataupun kakak yang terlibat dalam setiap kegitan.

Seperti doa kepada anak berusia tiga tahun, semoga SKR terus bertumbuh menjadi manfaat baik bagi warga Cibitung dan Malahpar ataupun Indonesia di masa yang akan datang.

Salam,

Christmastuti Destriyani (@kerisirek)

Kakak Riset dari Tim Pensil

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>