Rencana 2014

⇒ Rencana mendirikan “Perkumpulan”
Melihat kebutuhan yang semakin mendesak, maka proses ini akan dimulai setelah kegiatan Euphonica. Pendirian “Perkumpulan” ini sendiri sedikit ribet.

Berdasarkan hasil riset yang dilakukan ada beberapa tahap untuk mendirikan sebuah perkumpulan, yaitu :

  1. Memperjelas tujuan besar SKR > sesuai dengan hasil diskusi saat Kemah Kita
  2. Membuat AD/ ART
    - AD/ART ini harus baku agar tidak terjadi pergantian/ perubahan yang mengakibatkan kita harus mengulang mendaftarkannya.
  3. Melegalkan Perkumpulan Sekolah Kita kepada notaris
  4. Setelah punya akta notaris, mendaftarkan ke Pengadilan Negeri setempat untuk melakukan proses pendirian. Dalam proses ini, kita seperti sidang di hadapan hakim kepaniteraan.

⇒ PERTEMUAN RUTIN SELURUH KELUARGA SEKOLAH KITA RUMPIN
Pertemuan rutin ini dilakukan sebulan sekali, atau 40 hari sekali sebagai wadah untuk mengutarakan pendapat dan saling mengenal lebih dalam satu sama lain. Obrolan bersifat non formal, lebih ke meminta masukan dan evaluasi yang telah ditulis pada laporan yang telah dikirim via form. Santai tetapi terarah.

⇒ FASILITAS BELAJAR
Pengadaan peralatan kelas, harus bisa diinput. Supaya tidak terjadi kehilangan terus menerus. Diinput oleh setiap kakak yang mengajar, untuk diberikan kepada kakak sekretaris. Kakak sekretaris mengajukan permohonan pengadaan peralatan kelas yang tidak ada kepada kakak pengelola.

⇒ TUR KITA #2
TUR KITA Jilid 2 ini bisa dilakukan dengan berkunjung ke tempat-tempat yang tidak biasa mereka kunjungi. Seperti berkunjung ke lokasi Bantar Gebang, Panti Korban 65, atau lokasi yang lainnya. Tur kali ini adik-adik tidak didampingi orang tua, dan peserta yang ikut Tur diseleksi, tidak semua umur. Tur ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa empati terhadap sesama, yang ternyata bukan hanya mereka yang kekurangan tetapi di luar dari mereka masih banyak yang lebih membutuhkan pertolongan. Mengajak untuk bersyukur. Tur Kita #2 ini dimaksimalkan dengan pengisian jurnal kunjungan. Adik-adik akan difasilitasi Buku Jurnal untuk diisi.

 

Rencana 2015

 ⇒ SUDAH MEMILIKI BADAN HUKUM “PERKUMPULAN”
Ini adalah target untuk memastikan bahwa memiliki badan hukum yang jelas adalah hal yang paling penting sebagai tanggung jawab Kakak Pengelola. Sudah bisa menjalankan segala sesuatu yang berhubungan dengan kebutuhan atas nama Sekolah Kita Rumpin. Di antaranya adalah membuat REKENING atas nama Perkumpulan Sekolah Kita.

⇒ RAPAT RUTIN 6 BULAN SEKALI DENGAN ORANG TUA ADIK-ADIK
Tujuannya adalah untuk memaksimalkan komunikasi antara orang tua dan kakak-kakak. Menyamakan persepsi akan pentingnya belajar di luar sekolah formal dengan memberikan gambaran apa saja yang dilakukan di SKR. Seperti pemahaman tentang pentingnya mencari tahu sesuatu, empati, percaya diri dan kreatif dalam mengolah bahan belajar. Pertemuan ini, bisa dilakukan pada saat pembagian buku pintar adik-adik tentang perkembangannya. Pertemuan ini juga bisa menjadi masukan dan evaluasi untuk kita.

 ⇒ FASILITAS BELAJAR
Diharapkan semua fasilitas SKR sudah lengkap dan tertata dengan rapi. Memiliki lemari peralatan dan lemari buku yang terkunci dan aman.

 ⇒ TUR KITA #3
Tur kali ini masih berkunjung ke tempat yang tidak biasa mereka kunjungi. Seperti berkunjung ke lokasi Bantar Gebang, Panti Korban 65, atau lokasi yang lainnya. Tur ini tetap tidak didampingi orang tua, dan peserta yang ikut Tur diseleksi, tidak semua umur. Tur ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa empati terhadap sesama, yang ternyata bukan hanya mereka yang kekurangan tetapi di luar dari mereka masih banyak yang lebih membutuhkan pertolongan. Mengajak untuk bersyukur. Tur jilid #2 dan #3 ini dimaksimalkan dengan pengisian jurnal kunjungan. Adik-adik akan difasilitasi Buku Jurnal untuk diisi.

⇒ KEMPING KITA
Kemping kita adalah program untuk melatih kemandirian adik-adik, melatih daya tahan tubuh mereka ketika berada di luar rumahnya. Kemping ini bisa dilakukan di tempat yang tidak jauh dari wilayah Rumpin, yaitu di sekitar danau buatan Rumpin.

 

Rencana 2016

⇒  KERJASAMA DENGAN PEMERINTAH SETEMPAT (RT/RW/KADES/CAMAT)
Ini adalah proses dalam memperluas kerjasama dengan lingkungan setempat. Banyak melibatkan warga dan aparatur pemerintah yang dijalin dengan tujuan agar setiap momen atau kegiatan SKR diterima dan berdampak positif bagi seluruh warganya. Selain itu juga, kerjasama yang terjalin mampu memberikan kematangan warga dalam menjalin komunikasi dengan pihak pemerintah maupun warga di luar rumpin itu sendiri. Tentunya memberikan kesempatan kepada mereka untuk mandiri dalam mengelola setiap kegiatan. Seperti beberapa yang akan dilakukan pada tahun 2016 di bawah ini yang membutuhkan kerjasama dengan pihak pemerintah setempat. Di antaranya :

  • PENGADAAN AREA OLAHRAGA
    Ini sangat penting untuk semua warga baik warga kampung Cibitung maupun Malahpar. Area olahraga ini bisa menjadi area untuk setiap perlombaan yang diadakan oleh warga maupun oleh aparatur desa. Area olahraga yang dibutuhkan adalah lapangan sepak bola/ futsal, lapangan voli, lapangan bulutangkis.
  • PERINGATAN HARI BESAR KEMERDEKAAN RI
    Kegiatan ini dilakukan sebagai langkah dalam menjalin kerjasama yang menyeluruh antara pihak luar dengan SKR. Kegiatan ini tentunya membutuhkan kepanitiaan yang maksimal, serta dapat melibatkan adik-adik sebagai awal pembelajaran mereka mengenai pengkoordinasian suatu kegiatan. Kegiatannya seperti : panjat pinang, futsal ibu-ibu, dsb. Dilaksanakan bulan Agustus 2016.
  • TUR KITA #4
    Tur Kita #4 ini bisa melakukan live in di lokasi yang lebih dekat dengan Rumpin. Misalnya di tangerang, kampung miskin kota. Memberikan pengalaman yang nyata buat mereka, hidup di tengah masyarakat miskin kota.

 

Rencana 2017

⇒  Melanjutkan kerjasama yang sudah terjalin dengan pemerintah setempat, di antaranya :

  •  OLAHRAGA RUTIN SATU BULAN SEKALI DENGAN SELURUH WARGA
    Kegiatan ini bisa dilakukan sebulan sekali dengan mengambil jadwal belajar SKR pada hari minggu. Ini bertujuan sebagai sarana bersilaturahmi tim SKR dan warga setempat. Kegiatan ini bisa sangat simple, yaitu senam bersama, yang dipimpin oleh ibu-ibu PKK. Keterlibatan warga memberikan kesempatan kepada adik-adik lebih percaya diri dalam mengelola/ mengkoordinir kegiatan tanpa melihat usia mereka yang masih muda.
  • PERINGATAN HARI BESAR KEMERDEKAAN RI
    Kegiatan ini dilakukan sebagai kegiatan warga yang rutin. Dilaksanakan bulan Agustus 2017.
  • TUR KITA #5
    Tur Kita #5 ini berbentuk studi banding ke sekolah lain seperti Semi Palar, Gemala Ananda Jakarta dll. Kegiatan ini lebih kepada kunjungan untuk mendapat informasi terkait metode belajar, cara berinteraksi, dsb. Ini akan memberi referensi kepada adik-adik bahwa sekolah formal berbasis karakter bisa dijadikan sumber inspirasi untuk mereka yang bersekolah di sekolah biasa. Tur kali ini diperuntukkan bagi beberapa adik saja. Dilaksanakan pada masa sebelum libur tahun ajaran baru.

Sekolah Kita Rumpin Mandiri 2018

⇒ PEMILIHAN PENGURUS BARU SKR
Pemilihan dilakukan atas dasar kebutuhan regenerasi yang sudah berjalan 5 tahun yang lalu. Pengurus harus orang yang sudah berkontribusi aktif di SKR minimal 2 tahun. Sebagai bukti konsistensi mereka terhadap SKR. Kepengurusan akan terus dipantau oleh tim inti awal untuk memastikan kepengurusan bisa berjalan sesuai tugas dan fungsinya.

⇒ PERINGATAN HARI BESAR KEMERDEKAAN RI
Kegiatan ini lanjutan dari program tahunan pengurus sebelumnya. Dengan konsep yang bisa sama atau mungkin juga berbeda.

⇒TUR KITA #6
Tur Kita #6 adalah lanjutan TUR KITA dari tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan ini tentunya akan dikelola oleh pengurus baru dengan tujuan berkunjung ke Sekolah Kita …. (daerah yang menjadi cabang perkumpulan Sekolah Kita tahun ini). Selain itu, adik-adik yang dibawa berkunjung ke tempat cabang Sekolah Kita ini adalah anak-anak yang dipilih.

⇒ PERAMBAHAN CALON CABANG BARU PERKUMPULAN SEKOLAH KITA